spoon

Mocca Tart

Category:

Hallo..hallo...
Akhirnya bisa nongol lagi di blog setelah vakum beberapa bulan. Tapi saya punya alasan loh kenapa saya bolos bikin posting di blog. Selama 2 bulan menghilang, saya sempat kerja di sebuah restoran. Tapi sekarang saya akan mencurahkan waktu, pikiran dan hati saya untuk blog ini *hiperbola banget* ^_^

Posting yang kedua ini adalah kue tart ulang tahun ke-30 suami saya. Biasanya saya suka beli kuenya dari toko kemudian didekor sendiri. Tapi ya karena ini ulang tahun suami yang ke-30 dan itu hanya terjadi sekali seumur hidup, makanya saya pingin bikin sesuatu yang spesial. Saya pingin bikin kuenya sendiri. Seumur-umur baru kali ini bikin kue tart sendiri. Setelah lihat contekan kanan-kiri, akhirnya ketemu jawabannya, resep bikin kue tart. Ternyata resepnya gampang banget, gak pake margarin *saya nyonteknya sama orang Swedia*.



Terus untuk hiasannya saya nyontek lagi *dasar tukang nyontek*, yang kali ini contekannya dari teman yang ahli bikin kue yang sudah diakui di dunia persilatan Indonesia dan Swedia. Kalo contekannya bikin hiasannya dari nutella, tapi biar gak kelihatan nyonteknya *nanti nilainya dikurangi bu guru loh* saya ganti pake essens mocca. Selain itu alasan untuk mengganti nutella dengan mocca adalah karena saya sudah masak sate ayam dan saus kacang buat makan malamnya. Kalo desert nya juga kacang bisa-bisa habis makan penuh deh itu muka sama jerawat *yang isinya kacang*.

Untuk bikin tart ini, bahan-bahan yang diperlukan adalah:
Kue:
3 butir telur
1,5 dl gula pasir
1 dl tepung terigu
0,5 dl tepung kentang (bisa diganti maizena)
1 sdt baking powder

Topping:
225 gr margarin
200 gram coklat block
4 dl gula bubuk
3 sdt essens mocca
1,5 dl krim susu

Cara membuat:
  • Panaskan oven 175 derajat celcius, olesi cetakan kue (diameter 26 cm) dengan margarin dan taburi tepung panir (kalau tidak suka bisa diganti dengan tepung terigu)
  • Kocok telur dan gula sampai mengembang.
  • Campur tepung terigu, tepung kentang dan baking powder.
  • Masukkan campuran tepung, aduk rata.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan dan panggang di tengah oven selama 30 menit.
  • Dinginkan.
Topping:
  • Cairkan coklat dengan cara ditim, dinginkan tapi jangan sampai keras.
  • Kocok gula dan mentega dengan kecepatan rendah selama sekitar 1 menit.
  • Masukkan essens mocca, kocok terus sampai rata.
  • Tambahkan coklat, kocok dengan kecepatan sedang sampai lembut, sekitar 2 menit.
  • Masukkan krim susu dan kocok dengan kecepatan tinggi selama beberapa menit sampai semuanya tercampur rata.
  • Bagi kue menjadi 2 bagian. Ambil bagian atas. Oleskan topping ke bagian yang bawah, kemudian tutup dengan bagian yang atas.
  • Olesi seluruh permukaan kue dengan toping tipis-tipis.
  • Masukkan sisa topping ke dalam plastik penyemprot yang sudah diberi cetakan. Semprotkan topping memutar dari dalam ke arah luar sehingga membentuk bunga mawar. Hiasi seluruh permukaan kue dengan bunga mawar.

Comments (0)

Post a Comment